Saturday, November 18, 2006

PONDASI PERNIKAHAN

HAHA... bukan maksud nyama2 in moment but lagi pengen bahas ini..menurut yang aku baca pernikahan adalah perjanjian antara suami istri yang mulia. Allah subhanahu wa ta'ala menamakan ikatan ini mitsaqon gholizah atau perjanjian yang berat istilah yang dipakai untuk menggambarkan ikatan perjanjian antara Dia dengan para Rasul Nya...bayangiiin betapa besar amanah pernikahan itu.
Dalam pernikahan itu kita tidak melulu mengurusi masalah uang, anak, dll tetapi ada hal-hal yang kita harus perhatikan agar pondasi pernikahan kokoh, menurut yang aku baca di Alia edisi november 2006 tentu saja dengan sedikit perubahan pola pikir dariku, Shahina siddiqui, seorang aktifis muslim mengemukakan pondasi pernikahan agar bahagia dan kokoh yang diawali dengan huruf F yaitu:
1. FAITH
atau iman dalam pernikahan kesamaan iman menjadi bagian integral dari keseluruhan kehidupan, agama bukan cuma keyakinan tapi pondasi utama, kesamaan nilai-nilai inilah yang memudahlan pasangan berkomunikasi karena hubungan ini bisa memperkokoh cinta kasih tapi juga bis memperkuat keimanan mereka, karena kasih itu akhirnya karena Allah
2. FORGIVING
mudah memaafkan adalah kunci dari kebahagiaan dimana kedua belah pihak bisa saling memaafkan kesalahan tanpa dendam, serta satu sama lain selalu bersikap adil, agar mencegah konflik biasa menjadi luar biasa maka maafkanlah kesalahannya, pahami apa makna pasangan berbuat salah sehingga masing-masing rendah hati dan mudah memaafkan.
3. FORGET
memaafkan ada kaitannya dengan melupakan, bagaimana kita bisa melupakan kesalahan seseorang jika kita tidak bisa melupakan kesalahan-kesalahan tersebut atau bahkan mengungkitnya, semua orang mempunyai masa lalu dan jika pasangan mengungkitnya ini hanya akan membuat konflik tak berkesudahan hingga bisa terjadi dendam yang membuat hati keras.
4. FORBEARANCE
sabar..memang bukan hal yang mudah namun ini bisa menjadi kekuatan dahsyat untuk mencapai kehidupan yang sehat lahir dan batin, sikap sabar bisa menjadi kita bertawakal dan mampu mendekatkan diri kepada Allah, kita jadi bisa memberdayakan mekanisme hidup kita untuk menghadapi saat saat sulit dalam hidup.
5. FLEXIBLE
banyak pernikahab tidak bahagia karena pasangan tidak bisa mengembangkan sikap fleksibel dan lentur, jangan berharap suami/istri dapat mengubah sikap atau perilakunya dalam waktu singkat kecuali jika ada kesadaran bahwa sikap ato perilakunya ada yang salah dan harus diubah, jangan berharap pasangan mampu berperilaku sama persis dengan diri kita, karena setiap manusia punya kepribadian sendiri2 alangkah baiknya kita saling menghormati asalkan sikap atau prinsip kita tidak nertentangan dengan islam.
6. FRIENDSHIP
persahabatan dalam pernikahan terdiri dari 3 hal yaitu pertama, mengembangkan sikap bersahabat suami dan istri sehingga pasangan mampu menghadapi tekanan dari luar, melalui persahabatan kita saling menghormati, menghargai, menerima dan menyayangi, meski kita juga memiliki perbedaan. kedua dengan mertua dan keluarga kedua belah pihak , jangan menganggap masing-masing orangtua lebih hebat dari yang lainnya, karena ini bisa mengganggu kembangkan hubungan baik dengan keduanya, jika salah satu pasangan belum akrab bantulah karena kita yang paling mengerti keadaan orangtua kita, pahami perbedaan kemudian hormatilah mereka selayaknya kita menghormati orangtua sendiri.
7. FUN
bersenang-senanglah, luangkan waktu berdua dengan pasangan, karena hal itu makin menguatkan ikatan tali kasih keduanya, banyak orang yang mengalami kekosongan dalam pernikahan karena mereka tidak bisa meluangkan waktu berdua karena kesibukannya, oleh karena itu sisakan waktu setiap anda bisa untuk berduaan dengan pasangan ekspresikan apapun perasaan dan perilaku cinta anda pada pasangan.
8. FAITHFUL
setia dalah pondasi yang tidak bisa di tawar, perselingkuhan atau perzinahan merupakan dosa besar dalam islam, masing-masing pasangan harus bisa menjaga kepercayaan masing-masing pihak, menjaga diri mereka agar tidak terbawa, memulai atau apapun perselingkuhan yang ditawarkan dunia, karena dengan perselingkuhan maka pernikahan lama-lama menjadi rapuh.
9. FAIR
Adil, ketika rasa marah atau rasa tidak suka menimbulkan rasa ketidak adilan, maka ingatlah firman Allah bahwa " janganlah bersikap tidak adil dalam keadaan apapu"
10. FINANCE
keuangan kelihatannya sepele padahal bisa merusak dan mempengaruhi kebahagiaan pernikahan, solusinya komunikasikan masalah keuangan, gunakan perencanaan keuangan yang matang apakah pengelolaannnya diserahkan pada satu pihak atau kedua belah pihak memegang sendiri-sendiri, 80 masalah pernikahanadalah uang jadi bijaklah dalam mengaturnya.
11. FAMILY
menjadi sebuah keluarga tidak mudah, apalagi jikakeduanya tidak dibekali pengetahuan bagaimana menjadi orangtua yang efektif, olah karena itu perbanyaklah mencari pengetahuan, tanyalah pada ahli atau orang yang anda teladani, berusahalah berdiskusi tentang apa yang akan dilakukan, keluaga adalah prioritas utama sehimgga jika terjadi konflik carilah waktu untuk menyelesaikannya.
12. FREEDOM
kebebasan pernikahan dalam islam adalah kemitraan bukan perbudakan, kebebasan yang dimaksud adalah saling memperhatikan kebutuhan suami istri agar tahu batasan mana yang harus atau tidak boleh dilakukan, penghormatan terhadap kreatifitas atau apapun kesukaan, prinsip dll dari masing-masing juga diperlukan agar keluarga bisa berjalan bersama tanpa harus terkekang.
13. FLIRTATION
jangan malu -mali menunjukkan cinta, bujuk rayu pada pasangan, ini lah cara untuk melanggengkan pernikahan.
14. FRANK
berterus terang diperlukan dalam suatu hubungan, sikap jujur diperlukan agar pasangan merasa aman danbebas mengatakan apapun, tentu saja dengan memperhatikan perasaan masing-masing.
15. FACILITATOR
Rosulullah berkata "pilihlah jodoh dari kalangan muslim karena tujuan hidup mereka semata adalah mencari ridha Allah" komitmen terhadap Allah ini menjadikan seseorang memiliki kemampuan memfasilitasi peningkatan keimanan pasangan.
16. FLATTERING
saling memuji merupakan cara termurah untuk menenangkan suami istri, bukankah setiap orang senang dipuji.
17. FULFILLING
merasa puas dengan pasangan merupakan pengalaman yang sangat berharga, jatuh cinta berarti saling memberidan menerima dan tidak bersikap egois.
18. FALLIBLE
semuamanusia bisa melakukan kes lahan jangan berharap lebih, seringkali harapan kita lebih tinggi dari kenyataan.. selaluingat bahwa yang sempurna adalah Allah manusia adalah mahluk yang tidak sempurna, pahami kemudian maafkanlah.
19. FONDNESS
banyak pernikahan gagal hanya karena pasangan tidak bisa melihat pasangannya sebagai pribadi yang unik dan istimewa, oleh karena itu jika ingin menciptakan suasana itu sediakanlah waktu untukmembangun kasih sayang diantara anda.
20. FUTURE
pasangan suami istri yang pandai akan membuat perencanaan masa depan bersama-sama, cara ini sangat baik karena kini mereka bukan satu individu lagi melainkan berdua, rencana satu individu akan berkaitan denga yang lain pula jadi apapun itu ketika menyangkut hubungan berdua komunikasikanlah.
21. FEELING
Rasulullah mengatakan bahwa Allah akan memaafkan semua dosa-dosa manusia asalkan bukan menyakiti hati orang lain, perhatikanlah perasaan masing masing pasangan sehingga segala rasa, kata, dan laku dapat diatur agar tidak menyakiti hati satu sama lain, pahami bahwa setiap orang mempunya kepribadian yang berbeda sesuaikanlah apa yang ingin dikata, dilakukan dengan cara yang baik agar idak terjadi kesalahpahaman.

Demikianlah kutipan dan komentar dari ku semoga bisa menjadi bahan perenungan, semoga ALLAH SWT menjadikan kita kaum yang berbahagia dunia dan akhirat dengan mampu menjaga diri dan keluarga kita AMIIIIN.

No comments: