Saturday, February 24, 2007

KARENA AKU BERBEDA

Minggu-minggu ini sepertinya ada saja kejadian yang bikin geleng-geleng kepala bukan dugem maksudnya tapi heran aja, sama tingkah laku anak-anak sekitar ku yang makin aneh aja, pertama, ya enggak salah sih? kita kadang melihat seseorang dari luarnya aja, sama seperti temen temen yang konsultasi statistik or skripsi, mereka dari awal pada takut (perasaan bukan penampakan dech), ada juga yang mikir aku ngak bisa di ajak ngomong, pendiem, pokoke cewek banget, tapi pas konsultasi mereka baru tergagap ngeliat akunya yang super rame, mau di ajak ngomong apa aja " hayuuukkk mang", kagak ada tabu atau malunya (hehe ketauan ya), ya apalagi mereka nganggap bahwa segala sesuatu bisa aku dapat dengan mudah ( masak seehh) aku cuma ketawa sambil jelasin ke mereka bahwa apa yang mereka liat dari luar diriku bukan keseluruhan yang ada, banyak sisi yang mungkin tidak akan mereka sangka ada padaku, salah satu contoh soal materi mereka pikir "enak ya mbak tajir kemana-mana tinggal anter" aku ketawa sambil menjelaskan mereka pernah ngak kamu ngak makan sampe 5 hari, setiap hari ngak punya duit bahkan 100 rupiah sekalipun, pernahkah mereka jualan majalah di bis-bis buat makan, kerja hampir 20 jam buat biaya kuliah, serta cerita lain yang berisi pencarian sebentuk materi, begitu aku cerita kayak gitu komentar mereka adalah " ngak mungkiiinnnn", aku tertawa..ya semua itu pernah aku lakukan dan aku katakan pada mereka, ngak ada yang aku sesali dari kehidupanku apapun itu karena aku bertanggung jawab atas semua pilihan hidupku, semua yang terjadi dalam hidupku buatku kuat, dan selalu berusaha untuk maju, mental ku menjadi kuat, sehingga ketika ada sesuatu hal yang buruk yang terjadi dalam hidupku, tidak serta merta aku shock berat hingga tidak tau apa yang musti dilakukan, tapi justru introspeksi pada apa yang telah kubuat di masa lalu, dan berusaha menjadi lebih baik di masa mendatang. Ada yang pernah berkata padaku aku punya banyak kepribadian sehingga mereka kadang bertanya mana diriku yang sebenarnya, ya semua itu adalah aku, begitu jawabku karena aku akan bersikap dan berperilaku sesuai dengan lingkungan yang aku hadapi,"penyesuaian diri"aku menyebutnya walau temanku berkata "misterius" hehe, tapi satu hal, apapun yang aku lakukan aku bertanggung jawab penuh atasnya aku berusaha menjadi manusia "sebab" dalam arti apapun yang aku lakukan adalah pilihanku, bukannya menjadi manusia "akibat" yang karenanya aku bertindak alias karena ada faktor luar makanya aku melakukan sesuatu.
Dalam hidup, setiap dari kita kadang merasa ketika mempunyai masalah,menganggap masalah itulah yang paling berat hingga membuat kita kadang putus asa, tapi berdasarkan pengalaman konsultasi yang aku jalani, kehidupan yang kita pikir amat sulit belum tentu sulit menurut orang lain, bahkan kadang mereka punya kisah luar biasa, yang kadang ku berfikir "mereka saja bisa bertahan hidup dan tetap kuat mentalnya dan tidak menyerah terhadap sebuah masalah, kenapa banyak dari kita yang meyerah dan merasa menjadi orang yang terluka seumur hidup mereka" dari semua kisah aku percaya sekali bahwa ALLAH memberikan suatu cobaan atau apapun namanya, memang sesuai dengan kemampuan kita, artinya jika ada yang melakukan penyelesaian masalah dengan melakukan tindakan ekstrim atau negatif, itu salah manusianya sendiri, karena menurut ALLAH kita punya kapasitas yang cukup untuk bisa menyelesaikan masalah itu tapi kitanya sendirilah yang terlalu mudah menyerah.
Kadang aku berfikir, aku kadang berbuat sesuatu yang membuat orang bingung bahwa itu bukanlah aku, cara penyelesaian terhadap masalahpun kadang berbeda, tapi aku rasa itu tak mengapa, karena aku berbeda dengan kamu, atau mereka, aku adalah aku yang belajar dan telah mempelajari bahwa cara bertahan hidup utama adalah tidak ada kata menyerah, selalu berusaha berbuat sesuatu yang baru, selalu berusaha mencari penyelesaian atas semua masalah bukannya lari atau melupakannya, selalu menikmati hidup dalam arti seimbang antara membahagiakan diri sendiri dan orang lain, selalu bersyukur pada semua yang terjadi pada kita, selalu berusaha menjadikan setiap detik kita berharga dalam arti selalu melaksanakan sesuatu secara sungguh-sungguh atau tidak setengah-setengah, karena kita tidak tau suatu waktu siapa yang kan meninggalkan atau siapa yang kita tinggalkan, dan yang pasti selalu yakin pada ALLAH bahwa Ia maha tau apa yang terbaik untuk kita, jadi AKU TETAPLAH AKU DAN JADILAH DIRIMU SENDIRI KARENA KAMU BERBEDA

No comments: